4 Makanan Yang Menyebabkan Perut Kembung

Makanan Yang Menyebabkan Perut Kembung
Mungkin kita tahu bahwa makan terlalu banyak atau terlalu cepat membuat perut kita kembung. Namun, jika tidak melakukan hal itu kita masih merasakan hal sama, berarti ada yang salah dengan apa yang kita makan. Robynne Chutkan, seorang gastroenterologist, memberi tahu kita empat makanan yang menyebabkan perut kembung:

Pemanis buatan
Pemanis buatan menyebabkan perut kita menggembung. Bahan kimia ii tidak terserap dengan baik di usus kecil dan berakhir di usus besar kita yang pada akhirnya difermentasi oleh bakteri. Hasilnya? Kita akn mengeluarkan “gas” yang sangat bau. “Terlalu banyak gula menimbulkan banyak bakteri dan jamur yang menciptakan ketidakseimbangan pada mikrobiome,” kata Robynne.

Sayuran
Sayur-sayuran seperti kubis, kembang kol, kale dan brokoli mengandung bahan kimia penghalau kanker, tapi dia mengandung pati yang bernama raffinose. Zat kimia itu membantu tubuh untuk mencerna makanan, namun ketika berada di usus besar, ia berubah menjadi gas metana. Jika tidak terbiasa mengonsumsi sayur-sayuran tersebut, Robynne menyarankan kita untuk memulainya dengan porsi sedikit terlebih dahulu lalu secara perlahan meningkatkan jumlahnya.

Kedelai
Bagi orang-orang yang memiliki masalah intoleransi laktosa, susu kedelai mungkin pilihan baik. Namun, perlu diingat bahwa susu kedelai yang diproses bisa menyebabkan masalah serius. Susu kedelai memiliki efek mirip estrogen pada tubuh, yakni menyebabkan perut kembung. Robynne menyarankan agar kita mencoba jenis susu lain seperti susu kelapa atau susu almond.

Minuman berenergi
Cara favorit kita untuk tetap terhidrasi ternyata membuat perut menggembung. Hal itu karena jumlah gula dan pemanis buatan yang biasanya terdapat pada minuman berenergi. Untuk itu, cara terbaik agar tetap mendapat cairan adalah dengan minum air mineral atau mengonsumsi pisang. Jika ingin yang segar-segar, kita bisa minum jus pomegranate atau lemon dibanding minuman berenergi.

Itulah empat makanan yang menyebabkan perut kembung. Jangan berlebihan saat mengonsumsinya!

0 Response to "4 Makanan Yang Menyebabkan Perut Kembung"

Posting Komentar